Beberapa Kisah #1

tumblr_inline_mnhv9clYTF1qz4rgpAda beberapa kisah yang mungkin bisa menginspirasi Sobat Bocah sekalian. Beberapa kisah yang pernah saya alami yang mungkin bisa membuat kalian tersenyum atau malah…entahlah terserah kalian menilainya. Selamat membaca ^^
Kisah 1
Saat aku berulang tahun yang ke 26 tak banyak yang mengucapkan kata ‘selamat ulang tahun’ padaku, hanya seorang teman yang berulang tahun pada tanggal yang sama denganku dan dua orang teman yang kebetulan melihat ucapan ‘selamat ulang tahun’ dari teman yang kusebut pertama di dinding akun Facebookku. Selebihnya tidak ada. Di Facebook dan media sosial lainnya memang sengaja tidak kucantumkan tanggal lahirku sejak dulu. Itulah penyebabnya. Alhasil, tidak seorangpun mengucapkannya, termasuk ibuku. Bagiku tidak ada yang istimewa memang. Jadi, aku tidak mempermasalahkannya dan itu tidak penting bagiku. Tapi, keesokan harinya ibu membangunkanku dalam keadaan berurai air mata. Dia langsung mencium pipiku dan bilang, “Maaf Nak, Ibu lupa. Ibu baru melihat tanggalan. Selamat ulang tahun.” Kemudian dia menyalahkan dirinya yang ketika itu terlalu larut memikirkan masalahnya sendiri. Ternyata bagi seorang ibu, hal kecil seperti itu istimewa.
Kisah 2
Hari ini ada kejadian pencurian sepeda motor di belakang asramaku. Menyebalkan memang, apalagi aku juga pernah mengalaminya dan meskipun sudah menempuh beberapa usaha untuk menemukan sepeda motor tersebut, hasilnya nihil. Tapi tak bisa disalahkan juga, mereka adalah orang-orang yang bermasalah dengan ekonomi. Jika aku menjadi mereka, mungkin akulah pencuri itu. Dan pada akhirnya, aku hanya bisa pasrah dan bersyukur, terutama bersyukur tidak menjadi seorang pencuri yang akhirnya bisa menyusahkan orang lain.
Kisah 3
Saya pernah ditipu oleh orang. Tidak tanggung-tanggung uang saya lenyap sejumlah belasan juta. Saya bingung waktu itu karena uang tersebut adalah uang pinjaman. Akhirnya, saya menanggung semua itu sebagai hutang yang selalu saya bayar tiap bulan hingga sekarang. Padahal, orang tersebut adalah orang yang sangat saya percayai. Ada keinginan saya untuk memenjarakan orang tersebut, tapi hati saya tidak mengizinkan karena orang itu bukanlah orang yang berada dan dia memiliki dua anak yang salah satunya baru masuk SD dan memiliki cita-cita yang tinggi. Saya mengikhlaskannya kemudian. Tiga tahun setelah itu, saya mendapat kabar dari tukang kambing yang sering saya kunjungi bahwa orang yang telah menipu saya sekarang tinggal di sebuah gubuk sempit di pinggir jalan bersama anak-anaknya. Dia sudah kehilangan semua hartanya. Kemudian orang itu bertanya tentang kabar saya kepada tukang kambing. Saya masih muda dan dalam keadaan baik, kata saya dalam hati.
Kisah 4
Dulu, waktu kecil, saya bermimpi menjadi orang yang hebat dan dikagumi oleh banyak orang di masa depan saya. Dan sekarang saya berada di masa yang saya tunggu, masa depan yang sering saya sebut-sebut di masa kecil. Pada saat ini saya mengalami banyak kegagalan dan  putus asa. Masa depan yang saya impikan itu ternyata bukanlah masa depan saya. Tapi, kemudian ayah menghampiri saya. Dia bilang, “Nak, kenapa kamu berhenti? Bukankah kamu belum tiba di masa depan kamu? Ayo bergegaslah karena saat ini memang bukan masa depan kamu.”
Kisah 5
Saya baru saja diceritakan teman akrab saya mengenai teman kantornya, kira-kira umurnya lima belas tahun lebih tua dari kami. Asam garam kehidupan keluarga tentunya sudah dilahap habis-habisan olehnya. Temannya teman saya itu ingin menikah lagi. Dia mengundang teman saya ke acara pernikahan keduanya. Teman saya hadir di pernikahan temannya itu. Dia terkejut ketika melihat isteri kedua temannya itu. Istri pertamanya sangatlah cantik, sedangkan isteri keduanya jauh dari kata cantik, ibarat langit dan bumi. Bukankah seharusnya isteri kedualah yang lebih cantik? Di kantor, teman saya bertanya padanya kenapa bisa begitu. Padahal dia sudah dianugerahi isteri yang bak bidadari. Jawaban temannya itu sangat simpel, “Percuma cantik kalau setiap hari aku menyeduh kopi sendiri.”

Segitu dulu ceritanya malam ini. Soalnya saya sembari mengerjakan skripsi. Semoga menghibur dan menginspirasi.

Leave a Reply

