Turki?

Baru saja, aku disapa teman lamaku lewat gmail. Sebetulnya tak malam ini saja. Malam-malam (bagi dia siang hari) sebelumnya juga kami sering ngobrol ringan. Apa saja yang enak diobrolkan. Tapi aku lebih sering bertanya (dan itu berkali-kali setiap kami ngobrol), di sana siang atau malam? Dia di Jerman. Memang tak terbayangkan sebelumnya aku punya teman yang bisa seolah di luar negeri. Biasa. Memang. Yang tak biasa adalah kebanggaan. Aku bisa mebayangkan kebanggaannya.

Itulah nasib. Masing-masing berbeda meskipun kau berasal dari lingkungan yang sama hingga suatu waktu. Tapi akhirnya terarah pada jalan yang berbeda. Dia sedang menyelesaikan S3 dan aku masih berkutat dengan nama penyelesaian S1. Aku masih ingat masa-masa remaja itu. Pertengkaran sering meletus, dan kami tak pernah akur. Setelah dewasa, itu menjadi cerita yang lucu. 

Lain lagi temanku yang sekarang tinggal di Jepang dan akan berlangsung selama 5 tahun ke depan. Lebaran kemarin, dia bercerita padaku tentang obrolan-obrolan tak penting saat jam pelajaran sekolah sewaktu SMA. Ternyata tanpa disadari alam bawah sadar menuntunnya ke kata yang menurut orang tak penting itu. Otaknya merekam hal tersebut adalah hal yang sangat penting. Dan akhirnya…begitulah.

Aku menyesal tak pernah mengeluarkan kata-kata seperti itu sewaktu dulu. Baru sekaranglah aku mencoba mengatakan: Aku ingin ke Turki! Turki? Entah apa menariknya tempat ini. Otakkulah yang menyebutkannya spontan, kemudian bekerjasama dengan mulutku. Ah, lucu! Kenapa baru sekarang berkata seperti ini? Seharusnya dari dulu!

Lebih lucu lagi, otakku berpikir seolah-olah itu akan terwujud!

4 thoughts on “Turki?

  1. hahaha, santak yuk! keep dreaming Pak Long, walaupun menjalani sebagian impian masa lalu jg tak mudah. 😀

Leave a Reply

