Tips Bertahan saat Gak Ada Air di Kost/Asrama

Tahun 2012 ini memang terasa lebih panas, sesuai dengan prediksi BMKG (bener ini gak sih instansi yang menangani masalah cuaca?). hal ini membuat di beberapa wilayah di Indonesia mengalami kesulitan air bersih, bahkan air kotor sekalipun udah sulit didapatkan. Di daerah gue, Belitung di beberapa tempat ikut dilanda kekeringan. Pas gue pulang ke sana, memang benar, gue lihat beberapa kali kecil di pinggir jalan yang biasanya selalu penuh dengan orang-orang mencuci sepeda motor kini sepi pengunjung (kayak ngomongin tempat wisata aja). Tapi Alhamdulillah di rumah gue sumurnya gak kering, jadi bisa berfoya-foya air.

tapi pas gue kembali ke habitat gue yang gue tinggali selama 8 tahun terakhir yang biasa gue sebut dengan Bogor, lagi kesusahan air. terutama tempat tinggal gue, asrama mahasiswa Tanjong Tinggi. Pas Gue datang, air gak ada. Sumur kering, tapi untungnya besoknya hujan jadi sumur ke isi (ini sumur apa bak sih? Bukannya air sumur berasal dari mata air? Tapi hujan juga kali ya). Nah dalam situasi seperti ini kita mesti pintar-pintar menggunakan air. Gue punya cara bertahan dan berhemat.

1. Anda bisa tayamum.Pagi tayamum dan sore pun tayamum. Ingat senjata andalan kita: minyak wangi. Atau anda bisa pergi ke masjid. Biasanya ada air, maka mandilah sepuas-puasnya.

2. Mau boker gak ada air, carilah pohon. Siapkan cangkul dan galilah lobang. Kemudian berjongkoklah di situ.

3. Mau minum gak ada air, belilah Aqua galon. Gak ada uang buat beli air, pinjamlah uang teman anda. bila anda sudah beli air galon maka sembunyikan, masukkan ke dalam lemari, jangan sampai teman anda tahu karena nanti bisa diminta. Ingat! Air sedang susah dan anda harus berhemat. Sedangkan hemat dan pelit itu beda tipis.

4. Gak ada air buat cuci muka pas baru bangun tidur, pakailah air galon. Kalau ada sisa kopi atau teh, maka pakailah.

5. Jika ada air bekas kopi dan teh yang tidak habis diminum maka alangkah baiknya ada suling air tersebut menjadi air suling sehingga bisa di minum kembali. Caranya cari di google bagaimana bikin air suling.

6. Jika sumur di bak mandi ternyata ada air sedikit, maka kuncilah kamar mandi agar tak seorang pun di kost/asrama anda memakai air tersebut. Bukankah anda duluan yang menemukannya dan berpikiran jahat? Itu kesempatan anda.

7. Biasanya air di mall melimpah, anda juga bisa memanfaatkannya untuk mandi dan mencuci di kamar toilet mall.

8. Jika benar-benar di tempat anda tinggal sekarang (rantau) susah air, maka teleponlah keluarga anda di kampung. tanyakan apakah ada air di sana. Kalau ada, minta kirim lewat TIKI, JNE atau Pos.

9. kalau cara 8 terlalu merepotkan keluarga anda di sana, maka pulang kampunglah dan mandi sepuas-puasnya. kalau sudah puas dan kita-kira bisa cukup untuk anda selanjutnya tidak mandi selama setahun, maka kembalilah beraktivitas seperti biasa di rantau.

10. Jika anda bepergian, jangan lupa selalu bawa botol atau galon. Jika anda menemukan air, maka isilah botol tersebut dan bawa pulang untuk cadangan air anda. Sepulangnya jangan dipakai. Anggaplah itu sebagai tabungan air anda yang akan anda pakai pada saat paling dibutuhkan.

Senangnya berbagi…

<a href=”https://twitter.com/TipsKonyolBocah”>@TipsKonyolBocah</a&gt;

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s