Tips Melawan Writer’s Block (Edisi Skripsi)

Menulis memang menghabiskan tenaga, khususnya otak untuk berpikir. Kalo pikiran udah mandek alias buntu, segala ide rasanya sulit keluar ibarat kata pengen buang hajat di kali malem-malem terus ngeliat pocong lagi loncat ke air. Mau dipaksain takut pas lagi buang hajat, eh tuh pocong ngedatengin trus kita pingsan dalam keadaan lagi bok*r. Ga lucu banget.

Tapi ada beberapa tips yang bisa gue tawarkan buat Sobat Bocah biar yang namanya writer’s block itu lenyap dari muka bumi kita yang tercinta ini. Lebih khusus lagi, tips itu gue tawarin buat diri gue sendiri yang emang lagi mandek nulis skripsi. Cekidot!

  1. Banyak-banyaklah minum air putih. Sesungguhnya otak kita itu haus akan oksigen. Nah air bisa buat nambah oksigen untuk otak kita. Terus air juga bisa menghilangkan dahaga. Nyambungin ajalah… intinya banyak minum dapat menghilangkan pegal.
  2. Olahraga yang teratur. Bangun tidur usahakan ngulet dulu biar enakan. Biar otot-otot meregang. Coba senam wajah dengan cara ketawa. Ketawa pagi-pagi itu sehat asal gak ngeganggu yang lagi tidur. Kalo lagi gak mood ketawa, buka laptop–konek internet (kalau ada)-buka youtube-search OVJ-tonton sampai ketawa.
  3. Pagi-pagi jangan lupa sarapan. Usahakan jangan sarapan mie instant.
  4. Merenunglah selama beberapa menit. Pikirkan tentang orang tua kita. Pikirkan ibu betapa susah payahnya mengandung kita selama sembilan bulan dan mengajarkan kita mengucapkan kata-kata dan berhitung. Pikirkan juga ayah yang pontang-panting bekerja siang dan malam. Apakah akan sia-sia apa yang telah mereka lakukan untukmu selama ini? hanya untuk kebahagiaan kalian. Padahal, kalian cuma bikin skripsi aja. Begitu aja susah? Itu juga buat kalian sendiri. bukan mereka. Usahakan sampe air mata kalian keluar karena itu artinya kalian sadar akan kekeliruan kalian menyia-nyiakan waktu.
  5. Hapus semua game yang ada di laptop dan kalau bisa blokir situs jejaring sosial (minta mas-mas tukang internet kabel memblokirnya untuk kalian). Jadi kalian hanya boleh membuka situs-situs seperti: Pemkab Belitung, Pemkab belitung Timur, Pemkab Bogor, Badan Pusat Statistik dll yang dapat mendukung skripsi kalian.
  6. Siapkan cemilan di dekat laptop untuk penyemangat kalian. Kalo gak punya duit ya udyeeeh minum air putih aja.
  7. Matiin BB biar gak BM gebetan. Soalnya kalo lagi liat statusnya, biasanya jempol jadi gatel pengen ngomentarin. Nyalakan HP yang harganya 200ribuan dan jangan diisi pulsa. Pasang status di facebook: SEDANG NULIS SKRIPSI GAK BISA BALES SMS, TELPON AJA KALO ADA PERLU.
  8. Tutup pintu kamar kost rapat-rapat agar tidak ada yang mengganggu. Kalo ada yang mengetuk-ngetuk pintu, mengeonglah agar orang yang mengetuk itu berpikir kalo di dalam kamar hanya ada kucing.
  9. Setelah semua yang kira-kira mengganggu kita hindari, maka bersemedilah di dalam kamar. Buat suasana serileks mungkin. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dari bawah.
  10. Terakhir, BERTOBATLAH. Sesungguhnya godaan terbesar dari writer’s block adalah dari dalam diri masing-masing. Cobalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan sholat Sunnah. Mintalah padanya agar pikiranmu dibukakan, serta dimudahkan dalam menulis.

Ah, sepertinya tips itu cuman buat gue deh. Menasihati diri sendiri. (ra).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s