Proyek Menulis Cerpen

TENTANG PROGRAM MENULIS BUKU 2012
Tentunya kita, sebagai mahasiswa ada rasa bosan dengan menulis makalah yang isinya mengenai ilmu pengetahuan. Sepertinya hari-hari diisi dengan makalah dan makalah. Untuk itu dibutuhkan suatu alternatif bagaimana kita tetap menulis, namun menulis itu bukan menjadi suatu momok yang menjadi kambing hitam atas segala kemonotonan hidup kita sebagai mahasiswa. Untuk itu FASTER menggagas suatu ide sebagai penyegaran dan warna baru terhadap hari-hari mahasiswa dengan Progam MENULIS BUKU KUMPULAN CERPEN. Proyek penulisan buku ini tidak hanya menulis dan dikumpulkan saja, melainkan nantinya akan diterbitkan dan dijual secara INDIPENDEN (menerbitkan dan menjual sendiri).
Kegiatan ini berdasarkan pada Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan Divisi Kreativitas Mahasiswa Faster IPB priode 2011-2012. Selanjutnya akan dijelaskan secara singkat mengenai Program Menulis Buku, sebagai berikut:
—  Kegiatan ini dilaksanakan untuk penggalian minat dan bakat serta potensi mahasiswa  dalam bidang seni menulis.
— Sebagai sarana bagi mahasiswa untuk belajar berwirausaha dengan menjual buku yang telah dibuat dan diterbitkan secara independen.
— Memberikan inspirasi bagi banyak orang dengan tulisan-tulisan dan merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa yang memiliki keahlian menulis untuk memperkenalkan karyanya kepada masyarakat di seluruh Indonesia.
Program Menulis Buku diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa IPB yang masih aktif. Kegiatan ini akan diadakan sepanjang priode kepengurusan Faster IPB tahun 2011-2012 yaitu dua bulan sekali.
Buku yang akan dibuat dan diterbitkan merupakan kumpulan cerpen hasil karya mahasiswa yang bertemakan bebas, namun tidak mengandung unsur SARA. Semua naskah yang masuk akan dikutsertakan dalam Program menulis buku ini tanpa dikenakan biaya apapun. Buku akan diterbitkan secara independen dan bekerja sama dengan percetakan IPB Press dan Nulisbuku.com. Penjualan buku dilakukan sendiri oleh penulis yang berkontribusi dalam buku yang telah diterbitkan oleh Faster IPB dibantu Faster IPB dalam penyaluran ke beberapa toko buku yang tersebar di Bogor serta lebih dari seratus toko buku online.
Adapun manfaat dari program ini adalah:
1. Mahasiswa mendapatkan sesuatu hal yang beda dari apa yang pernah dilakukannya yaitu kebanggaan membuat sebuah buku yang dilakukan secara bersama-sama dan dibaca oleh semua orang di seluruh Indonesia. 
2. Sebagai bahan bacaan yang menghibur bagi mahasiswa itu sendiri khususnya dan orang banyak pada umumnya karena buku tersebut diterbitkan.
3. Keterampilan mahasiswa dalam berwitausaha diuji yaitu dengan menjual hasil karya bersama-sama tersebut
4. Penulis mendapatkan SERTIFIKAT, BUKU KUMCER 1 (satu) eks gratis beserta ROYALTI dari hasil karya yang diterbitkan yaitu 10% dari harga jual buku yang kemudian dibagi rata kepada sesama penulis yang berkontribusi di buku tersebut.
5. Mahasiswa mendapatkan pelajaran baru yang tidak didapatkan di mata kuliah manapun di Jurusan Agribisnis
6. Mahasiswa dapat menginspirasikan banyak orang di seluruh indonesia dengan cerita-cerita yang telah di tulis
7. Merupakan kesempatan emas dan batu loncatan bagi mahasiswa yang ingin menjadi penulis dengan memperkenalkan hasil karyanya kepada pembaca di seluruh Indonesia
KETENTUAN UMUM
Adapun ketentuan yang harus dipenuhi adalah:
1. Penulis adalah mahasiswa IPB yang masih aktif 
2. Mahasiswa mendaftar dengan cara mengirimkan sms ke nomor 081210547375 dengan format: Cerpen (spasi) NAMA (spasi) NRP (spasi) Angkatan (spasi) Fakultas/Departemen
3. Tema cerita bebas dan membangun (memberikan inspirasi) dengan tidak menyinggung SARA 
4. Tulisan yang dikirimkan boleh lebih dari 1 karya
5. Panjang cerpen 4-10 hal A4, Times New Rowman 12, Spasi 1,5, Margin 3-3-3-3. 
6. Pengiriman naskah dibuka sejak pengumuman ini diterbitkan dan berakhir pada tanggal 10 Mei 2012
7. Melampirkan fotokopi KTM (scan/foto) dan Foto (ukuran bebas) dalam bentuk softcopy ke email faster.ipb@gmail.com.
8. Karya berbentuk softcopy dengan melampirkan biodata berisi (nama asli, nama pena-jika ada-, TTL, alamat, angkatan, no HP, alamat email, judul cerpen) dan dikirimkan ke email faster.ipb@gmail.com
9. Setiap karya yang masuk akan dikonfirmasi ke email masing-masing yang berisi nama-nama penulis yang berkontribusi dan judul karyanya
10. Semua karya yang masuk akan diterbitkan
MANFAAT DAN ROYALTI
Buku hasil karya bersama dari Program Menulis Buku 2012 akan diedarkan selama setahun sejak diterbitkan. Setiap penulis yang berkontribusi dalam Program Menulis Buku 2012 yang diadakan oleh Faster akan mendapatkan 3 manfaat yaitu sertifikat, buku antologi cerpen dan royalti. 
Royalti adalah salah satu manfaat yang akan didapatkan oleh penulis yang berkontribusi dalam Program Menulis Buku 2012 yang diadakan oleh Faster. Faster Menawarkan royalti sebesar 10% kepada penulis yang nantinya dibagi rata untuk setiap karya. Semakin banyak penulis yang menyumbangkan karyanya maka semakin banyak pula royalti yang didapatkan oleh penulis yang berkontribusi tersebut. Royalti tersebut akan diberikan setiap 3 bulan sekali.
Masing-masing penulis dapat membantu penjualan dengan menjual sendiri buku kumpulan cerpen karya bersama tersebut. Seluruh keuntungan dari penjualan sendiri tersebut sepenuhnya dan dapat dinikmati langsung oleh penulis tersebut. Dengan demikian royalti akan bertambah dan dapat dinikmati lebih banyak lagi oleh masing-masing penulis. Penulis yang ingin menjual sendiri hasil karya bersama tersebut dapat memesan ke Faster IPB (contact person yang telah ditunjuk).
PENUTUP
Demikianlah panduan umum ini dibuat untuk diperhatikan bersama. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Atas perhatian dan partisipasinya kami selaku panitia mengucapkan terima kasih. 
CP: 
Rino Aribowo : 081932060523
Rachel Meni Ginting : 081210547375
Fadli : 087883214514
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s