Proses mengandung Buku Pelukis Pagi

Alhamdulillah, meskipun dengan cara yang sederhana, sebuah buku lahir ke dunia ini. Kata Hapie  Joseph Aloysia–Penulis Novel Don’t Trust Anyone, “selamat ya Mas anak pertamanya udah lahir”.  Saya jawab, “Iya mbak, Alhamdulillah.”
Buku Pelukis Pagi saya kandung selama dua bulan lebih, saya pelihara janinnya dengan makanan-makanan bergizi berupa perenungan ide-ide segar, meskipun akhirnya makanan tersebut memang masuk semua ke ‘anak’ yang saya kandung tersebut, tapi saya sendiri jadi sering lupa makan hehe…

Tadinya saya menggabungkan cerpen-cerpen tersebut dengan puisi-puisi. Tapi kok rasanya kurang sreg. Maka saya kuatkan untuk bikin cerpen sebanyak-banyaknya. Tapi sulit. Memang sih waktu sebulan lebih kemaren libur. Tapi urusan juga banyak. KRS-an dan segala macamlah. Kemudian selama liburan itu rencananya pengen survey tempat buat skripsi di Belitong. Tapiii…Nggak tau kenapa niat aja nggak muncul-muncul. Malah banyak jalan-jalan. Tapi ada untungnya juga. Di sana (di Belitong) saya lebih banyak merenung, memperhatikan sekitar dan tidur dengan mimpi berbagai karakter. Akhirnya saya banyak menulis di sana. Dan Alhamdulillah setelah melakukan proses yang panjang dengan berbagai tahap yang dilakukan sendirian–duduk manis di depan komputer super butut (abis nih diejek anak asrama) maka saya memutuskan untuk menerbitkan kumpulan cerpen ini, tentunya setelah saya mendapat endorsemen dari seorang penulis, minta komentarnya dan kritik de el el nya lah. Komentarnya positif dan beberapa cerita di buku ini dia suka banget.
Tapi belum sampai di situ sih. Udah dapet endorsemen saya belum tergerak untuk menerbitkan. Covernya masih nggak sreg terus. Sampe tiga kali ganti. Ini cover-covernya:

Ini cover pertama yang saya bikin. Apa maksudnya? Nggak ngerti juga.
Nah diganti jadi gini. Ini ngelukis sendiri. Lukisan saya yang pertama. Aslinya jelek abis. Liat aja ini
Parah abis kan? Yah nggak apa-apa sih hehe…
Akhirnya ngelukis lagi jadilah seperti ini:
Sederhana banget…maklum bukan pelukis…lalu saya olah secara digital dengan Photoshop dan Coreldraw. Jadilah begini…lumayanlah daripada nggak ada cover hehehe….

Alhamdulillah kumpulan cerpen pertama ini lumayan mendapat sambutan positif dari teman-teman. Mereka semua mensuport. Jadi tambah semangat. Apalagi pas Hapie bilang di bbm, “Ternyata cetakannya bagus.”
Alhamdulillah lagiii…berarti hasil bukunya secara fisik nggak mengecewakan. Nggak ada perbedaan sama sekali dengan buku yang ada di pasaran. Laku sepuluh dalam sehari…Dan yang lebih bikin saya tersanjung, pokoknya harus ada tanda tangan saya (berasa artis…ah jadi tersipu-sipu #sambil gelantungan di pohon malem-malem). Meskipun sebenernya dulu saya sudah biasa memberi tandatangan kepada orang banyak #ya iyalah jadi teller bank nandatanganin slip setoran…kalo nggak bisa digantung sama nasabah n kepala cabang.
Buat temen-temen semua yang udah baca terima kasih ya…buat yang akhirnya jadi temen baru juga terima kasih ya…jd ada hikmahnya kan? Teruuuuss…buat yang beli terima kasih banyak udah menyisihkan uang makan kalian….semoga amal ibadahnya diterima…#anggap aja sedekah…nanti rizkinya dilipatgandakan…amiiiin….buat yang belom kepengen beli….silakan baca gratis di blog ini…cuma nggak dapet tanda tangan loh hehe….bagi yang nanya-nanya buku gratisnya..maaf banget…belom ada…ini swadaya euy…mudah-mudahan pas udah nyampe yang ke 1000 eks nanti ya hehe…joke…mudah-mudahan ada momen di mana saya bisa ngasih gratis…
Akhir kata…saya ngantuk…proposal skripsi terlupakan…sabtu deadline sama dosen pembimbing….Memang sangat terbukti menulis skripsi itu lebih sulit daripada nulis cerpen….O ya…kayaknya nanti bakal ngeluarin novel…tapi nanti…pas skripsi beres…ya ga harus beres dulu sih…pas ada waktu senggang….
Akhir kata…nggak kelar-kelar neh ngeblog….ah auk ah gelap….tedooooorrr….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s